Mengenal lebih dekat dengan CC 201

ASSALAMU'ALAIKUM WR.WB.

    Saya disini akan mengenalkan CC201 lebih dekat dan dan dapat mudah dimengerti.
CC201 83 31 SMC

CC201 83 16 PWT

CC201 77 10 SDT FT KA149



CC201 8331 SMC

CC201 20
CC201 83 14
  Lokomotif CC201 adalah lokomotif buatan General Electric jenis U18C. Dibanding lokomotif tipe sebelumnya yaitu CC200, maka tipe CC201 mempunyai konstruksi yang lebih ramping dengan berat 84 ton dan daya mesin 1950 HP. Lokomotif ini bergandar Co'Co'. Artinya lokomotif memiliki 2 bogie masing-masing 3 gandar atau 6 gandar penggerak dengan 6 motor traksi, sehingga lokomotif ini dapat dioperasikan pada lintas datar maupun pegunungan.

          Lokomotif ini sama seperti lokomotif GE lainnya, mampu berlari sampai kecepatan 120 km/jam, meskipun kecepatan kereta api saat ini dibatasi maksimal 90 km/jam.
         Sepanjang kariernya, lokomotif ini telah berpengalaman menarik berbagai jenis KA, mulai dari kereta eksekutif, bisnis, ekonomi, campuran, sampai kereta barang/kargo. Namun, saat ini CC 201 lebih banyak dioperasikan untuk KA kelas bisnis, campuran, ekonomi, d an lokal.
          CC 201 juga merupakan salah satu lokomotif GE Transportation yang paling sukses di Indonesia, mengingat ketersediaan suku cadang yang cukup dan mesin yang mirip dengan CC 203, CC 204, dan CC 206 (semua bermesin GE 7FDL-8). Posisi lokomotif diesel hidraulik (DH) di Sumatera dan Jawa pun juga banyak terganti oleh lokomotif ini, khususnya sejak CC206 mulai beroperasi.



Penggunaan di Indonesia


Lokomotif CC 201 terdiri dari 4 generasi, yaitu:
       
   CC 201 generasi I
   CC 201 generasi II
   CC 201 generasi III
   CC 201 rehab (eks-BB 203)



jumlah lokomotif CC201  diIndonesia ada 131 lokomotif CC 201 yang masih beroperasi dari 144 pada awalnya 6 unit rusak dan 7 unit dijadikan CC 204.


         pivot: 7.680 mm


Diameter roda penggerak: 914 mm
Diameter roda idle: -
Tinggi alat pera
Dimensi lokomotif
Lebar sepur : 1.067 mm
Panjang body: 14.134 mm
arak antara alat perangkai: 15.214 mm
Lebar body: 2.642 mm
Tinggi maksimum: 3.636 mm
Jarak gandar: 3.304 mm
Jarak antarngkai: 770 mm
Motor Diesel
Tipe: GE-7FDL8 (GE FDL Series 8 Cylinders)
Jenis: 4 langkah, Turbocharger
Daya Mesin: 1.950
Daya ke generator/converter: 1.825 hp
    Motor Traksi/Converter

Jumlah motor traksi: 6
Tipe motor: GE 761, DC-DC
Gear ratio: 90:21
Tipe generator: GT 581

          Berat

Berat kosong: 78 ton
Berat siap: 84 ton
Berat adhesi: 84 ton

         Kinerja
lengkung terkecil: 56,7 m
kecepatan maksimum:120 km/jam
Gaya tarik maksimum (adhesi): 17.640 kgf
Kecepatan minimum kontinu: 24 km/jam
Jari-jari
      Kapasitas
Bahan bakar: 3.028 liter
Minyak pelumas: 984 liter

Air pendingin: 684 liter
         Lain lain
tipekompresorGardner Denver WBO
Sistem rem: Rem udara  tekan, dynamic brake, rem parkir.





sekian dari saya terimakasih telah membaca.Wassalamua'alaikum WR WB



Ikuti saya juga di Instagram: @ammar_2340
                              Youtube   : Mu Ammar 




                               kunjungi chanel youtube saya

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenis Jenis lokomotif Diesel Elektrik