Mengenal lebih dekat dengan CC 201
ASSALAMU'ALAIKUM WR.WB.
Saya disini akan mengenalkan CC201 lebih dekat dan dan dapat mudah dimengerti.
CC201 83 31 SMC
CC201 83 16 PWT
CC201 77 10 SDT FT KA149
CC201 8331 SMC
CC201 20
CC201 83 14
Lokomotif CC201 adalah lokomotif buatan General Electric jenis U18C. Dibanding lokomotif tipe sebelumnya yaitu CC200, maka tipe CC201 mempunyai konstruksi yang lebih ramping dengan berat 84 ton dan daya mesin 1950 HP. Lokomotif ini bergandar Co'Co'. Artinya lokomotif memiliki 2 bogie masing-masing 3 gandar atau 6 gandar penggerak dengan 6 motor traksi, sehingga lokomotif ini dapat dioperasikan pada lintas datar maupun pegunungan.
Lokomotif ini sama seperti lokomotif GE lainnya, mampu berlari sampai kecepatan 120 km/jam, meskipun kecepatan kereta api saat ini dibatasi maksimal 90 km/jam.
Sepanjang kariernya, lokomotif ini telah berpengalaman menarik berbagai jenis KA, mulai dari kereta eksekutif, bisnis, ekonomi, campuran, sampai kereta barang/kargo. Namun, saat ini CC 201 lebih banyak dioperasikan untuk KA kelas bisnis, campuran, ekonomi, d an lokal.
CC 201 juga merupakan salah satu lokomotif GE Transportation yang paling sukses di Indonesia, mengingat ketersediaan suku cadang yang cukup dan mesin yang mirip dengan CC 203, CC 204, dan CC 206 (semua bermesin GE 7FDL-8). Posisi lokomotif diesel hidraulik (DH) di Sumatera dan Jawa pun juga banyak terganti oleh lokomotif ini, khususnya sejak CC206 mulai beroperasi.
Penggunaan di Indonesia
Lokomotif CC 201 terdiri dari 4 generasi, yaitu:
CC 201 generasi I
CC 201 generasi II
CC 201 generasi III
CC 201 rehab (eks-BB 203)
jumlah lokomotif CC201 diIndonesia ada 131 lokomotif CC 201 yang masih beroperasi dari 144 pada awalnya 6 unit rusak dan 7 unit dijadikan CC 204.
Lihat juga jenis jenis lokomotif diesel elektrik
pivot: 7.680 mm
Diameter roda penggerak: 914 mm
Diameter roda idle: -
Tinggi alat peraDimensi lokomotif
Diameter roda idle: -
Tinggi alat peraDimensi lokomotif
Lebar sepur : 1.067 mm
Panjang body: 14.134 mm
arak antara alat perangkai: 15.214 mm
Lebar body: 2.642 mm
Tinggi maksimum: 3.636 mm
Jarak gandar: 3.304 mm
Panjang body: 14.134 mm
arak antara alat perangkai: 15.214 mm
Lebar body: 2.642 mm
Tinggi maksimum: 3.636 mm
Jarak gandar: 3.304 mm
Jarak antarngkai: 770 mm
Motor Diesel
Tipe: GE-7FDL8 (GE FDL Series 8 Cylinders)
Jenis: 4 langkah, Turbocharger
Daya Mesin: 1.950
Daya ke generator/converter: 1.825 hpTipe: GE-7FDL8 (GE FDL Series 8 Cylinders)
Jenis: 4 langkah, Turbocharger
Daya Mesin: 1.950
Motor Traksi/Converter
Jumlah motor traksi: 6
Tipe motor: GE 761, DC-DC
Gear ratio: 90:21
Tipe generator: GT 581
Tipe motor: GE 761, DC-DC
Gear ratio: 90:21
Tipe generator: GT 581
Berat
Berat kosong: 78 ton
Berat siap: 84 ton
Berat adhesi: 84 ton
Berat siap: 84 ton
Berat adhesi: 84 ton
Kinerja
lengkung terkecil: 56,7 m
kecepatan maksimum:120 km/jam
lengkung terkecil: 56,7 m
kecepatan maksimum:120 km/jam
Gaya tarik maksimum (adhesi): 17.640 kgf
Kecepatan minimum kontinu: 24 km/jam
Jari-jari
Kecepatan minimum kontinu: 24 km/jam
Jari-jari
Kapasitas
Bahan bakar: 3.028 liter
Minyak pelumas: 984 liter
Ikuti saya juga di Instagram: @ammar_2340
Youtube : Mu Ammar
Minyak pelumas: 984 liter
Air pendingin: 684 liter
Lain lain
tipekompresor: Gardner Denver WBO
Lain lain
tipekompresor: Gardner Denver WBO
Sistem rem: Rem udara tekan, dynamic brake, rem parkir.
sekian dari saya terimakasih telah membaca.Wassalamua'alaikum WR WB
Ikuti saya juga di Instagram: @ammar_2340
Youtube : Mu Ammar
Makasih infonya, sangat berguna dan bermanfaat.
BalasHapus